Warna & pola warna kucing : kombinasi dengan putih

Semua warna dan pola warna dapat berkombinasi dengan warna putih. Hal ini disebabkan sifat gen warna putih yang dominan. Sifat gen warna putih ini dikenal dengan white spotting gene. Semua jenis warna seperti solid, tortie, tabby dan pointed (colorpoint) dapat berkombinasi dengan warna putih.

Letak dan proporsi warna putih dengan warna lain sangat bervariasi. Ada banyak macam pola kombinasi dengan warna putih (dengan berbagai macam nama pula) seperti van, harlequin, mitted, bicolor, tux, dll. Secara sederhana ada tiga macam kombinasi warna dengan putih, yaitu Van, harlequin dan bicolor.

Beberapa ras kucing mempunyai kombinasi pola warna putih yang spesifik. Ras Ragdoll mempunyai pola warna gabungan colorpoint dengan putih. Pola van selalu muncul pada ras turkish van.

Van adalah pola kombinasi dengan warna putih, dimana warna lainnya hanya muncul disekitar ekor dan daerah sekitar kedua telinga (kepala). Setidaknya 2/3 bagian badan harus berwarna putih. Bagian yang berwarna selain putih tidak lebih dari 2 spot di bagian muka, maksimum 3 spot kecil dibagian badan atau kaki. Ekor harus berwarna selain putih.

Sesuai namanya, contoh warna ini terdapat pada ras Turkish Van. Kucing ras ini hanya diakui bila pola warna yang muncul adalah pola van.

Lihat juga : Turkish van

 Pola Van

Harlequin mempunyai warna putih antara ¼ sampai ½  bagian dari tubuh. Bagian berwarna maksimum 2 spot di bagian muka, maksimum 2 spot besat atau 4 spot kecil di badan dan ekor tidak boleh berwarna putih.

 harlequin 
Bicolor mempunyai proporsi kedua warna yang lebih seimbang, sekitar 50-75 % dari badan berwarna putih. Biasanya warna putih terdapat dibagian bawah (dada, perut dan kaki) sedangkan warna lainnya terdapat dibagian punggung.

 bicolor

Penulisan Pola Warna 
Warna/pola warna selain putih diikuti and white kemudian diikuti jenis pola kombinasinya. 
Contoh : black and white van, seal tortie point and white.

Kadang-kadang orang lebih suka menyingkat penyebutan dengan menghilangkan kata pola kombinasi (van, bicolor & harlequin). Tetapi biasanya, bila disebutkan tanpa pola kombinasi (van, bicolo & harlequin) lebih merujuk ke bicolor. Contoh bila orang menyebutkan blue tortie and white, berati merujuk ke blue tortie and white bicolor.


Contoh kombinasi warna dengan putih ... 


Kombinasi Dengan Warna Solid 
 

 
Cream & White 

 
Black & White 

Kombinasi Dengan Warna Tabby 


 
Brown Classic Tabby & White 

 
Silver Tabby & White Van 
Kombinasi Dengan Warna Tortie/Torbie 
 
Black Tortie & White 

 
Silver Classic Torbie & White 

 
Blue Tortie & White 

Kombinasi Dengan Warna Point (Colorpoint) 
 
Seal point & White, Blue point & White 

 
Seal Tortie Point & White 

 
Seal point & white mitted (warna putih seperti sarung tangan) 


Foto : http://www.helmiflick.com/

 

(drh. Neno WS)